Pengertian dan Konfigurasi FTP Server

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Image result for file transfer protocol
Hai !! Temen- temen semua kembali lagi degan saya nurhidayah di Today blog. Kali ini saya akan berbagi tentang " Installasi dan Konfigurasi FTP "

FTP Server ??
FTP (File Transfer Protocol) adalah protokol yang digunakan untuk pertukaran file baik itu download dan upload file di jaringan  melalui server. Dalam default, FTP berjalan pada port 21 dan bekerja pada protokol TCP/IP. Dalam FTP Server, kita bisa menggunaakan 2 cara satu user Authentication Login (passwoard protected) dan Anonymaous Login  (Guest Ok). Aplikasi yang paling popular untuk FTP pada distro debian.  Yaitu ProFTPd dan VsFTpd.

Langkah - langkah Installasi dan konfigurasi ProFTPd
#apt-get install ProFTPd
akan muncul dua pilihan yaitu "from inetd" dan "standalone" silahkan pilih standlone lalu enter.

~ Konfigurasi ProFTPd

#nano /etc/proftp/proftp.conf
~ Tambahkan baris berikut pada bagian paling akhir untuk user login
<Anonymous /home/aku> /aku bisa diganti dengan nama user (terserah)
use aku

</ Anonymous>
Kemudian simpan ctrl+x tekan y lalu enter. Setelah itu tambahkan user aku dengan perintah:

#adduser aku
kemudian restart service proftpd dengan perintah
#service proftpd restart atau dengan cara
 # /etc/init.d/proftpd restart
Untuk Anonymous login atau guest oke silahkan anda ganti baris yang anda masukkan tadi dengan baris dibawah ini pada akhir file konfigurasi :
<Anonymous /home/aku> 
user aku
user Alias anonymous aku
</ Anonymouse>
Kemudian Restart Ctrl+x lalu y enter. Kemudian restart proftpd
#service proftpd restart atau
#/etc/init.d/proftp restart
Jika sudah kita bisa coba cek di webbrowser dengan ketik ip
contoh ip: 192.168.12.3
Selesai sudah kita install dan konigurasi ftp.

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan tentang ftp, jika ada kesalahan dalam bahasa dan penulisan, saya minta maaf. Semogga bermanfaat. :D

Referensi : ebook tkj Buku Konfigurasi Debian Server_var_BLC_Telkom.pdf
hit-mebel.com

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian webmin dan Insatallasinya

Konfigurasi Database Server dengan Mysql di Debian

Perbedaan Hub dan Router