Pengenalan Cisco trunking encapsulation

 Assalamualaikum Wr. Wb

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi materi tentang "  Cisco trunking ".


A. Pengertian
   Swtiching adalah perangkt inti yang digunakan untuk membuat jaringan LAN (Local Area Network). Switch jaringan menerima sinyal dari setiap komputer melalui kabel Ethernet atau gelombang radio dalam LAN nirkabel.
 
     Switch jarigan berjalan dalam modus full-duplex maksudnya pada jaringan switch dapat menarima dan mengirim data pada waktu yang bersamaan. menggunakan switch lebih cepat dari pada hub jaringan. Karena switch mengirim lalu lintas menggunakan alamat lalu lintas discriminately, menggunakan alamat untuk mengarahka lalu lintas pada paket jaringan kemana tujuan-nya harus pergi, sedangkan hub itu menyebarkan semua lalu lintas informasi ke semua node, yang mengandalakan filter dalam setiap mesin untuk membuang paket yang tidak ditujukan.

B. Latar Belakang
 Kemajuan teknologi saat ini berkembang sangat pesat, maka dari itu untuk memahami dan belajar membuat jaringan sangat penting. Oleh karena itu untuk membangun sebuah jaringan juga harus mengetahui perangkat yang akan di gunakan.
C. Maksud & Tujuan
  •      Agar mengetahui maksud dari membangun jaringan yang akan di buat   dan mengetahui perangkat apa yang akan di gunakan untuk membangun sebuah jaringan.
  •        Dapat mengetahui apa itu Vlan Trunking, Implementasi pada trunking, fungsi beserta keuntungan pada vlan trunking.

D. Pembahasan Materi



1.1   VLAN Trunking Protocol (VTP) adalah Cisco protokol khusus yang menyebar definisi Virtual Local Area Network ( VLAN ) pada jaringan area lokal secara keseluruhan. Untuk melakukan ini, VTP membawa informasi VLAN untuk semua switch dalam domain VTP. Iklan VTP dapat dikirim melalui 802.1Q , dan ISL batang. VTP tersedia di sebagian besar Cisco Catalyst produk Family. Menggunakan VTP, setiap Beralih Catalyst Keluarga mengiklankan berikut pada batang port, sebagai berikut :

    manajemen domain
    nomor revisi konfigurasi
    VLAN dikenal dan parameter spesifik mereka


 1.2  Implementasi Cisco Trunking
    Pada Cisco Devices, VTP (VLAN Trunking Protocol) mempertahankan konsistensi konfigurasi VLAN di satu Layer 2 jaringan. VTP menggunakan Layer 2 frame untuk mengelola penambahan, penghapusan, dan nama dari VLAN dari switch dalam mode VTP klien. VTP bertanggung jawab untuk sinkronisasi informasi VLAN dalam satu domain VTP dan mengurangi kebutuhan untuk mengkonfigurasi informasi VLAN yang sama pada setiap beralih sehingga meminimalkan kemungkinan inkonsistensi konfigurasi yang muncul jika ada perubahan. 
1.3 Funfsi VTP

    Fungsi dari VTP yaitu memudahkan jaringan untuk mengakomodir dan network administrator dalam mengelola VLAn yang bersekala besar yang telah di konfigurasi oleh internetwork switch.

1.4 VTP (Vlan Trunking Protocol) memberikan manfaat sebagai berikut:

  •     Konfigurasi VLAN konsistensi di jaringan layer 2
  •     distribusi dinamis VLAN menambahkan seluruh jaringan
  •     Plug-and-play konfigurasi saat menambahkan VLAN baru
  • Konfigurasi VLAN yang lebih stabil di semua switch network
  • Pengirim VLAN-advertisment terjadi hanya di trunk-port
  • Menambahkan VLAN secara plug-and-play
  • Trunking dan monitoring VLAN yang akurat


E. Kesimpulan
Jadi kita dapat memahami konsep, kegunaan , manfaat pada Vlan Trunking protocol (VTP), sebelum membuat jaringannya langsung.
F. Referensi
https://en.wikipedia.org/wiki/VLAN_Trunking_Protocol


Sekian pemabahasan tentan Vlan Trungking kali ini, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian webmin dan Insatallasinya

Konfigurasi Database Server dengan Mysql di Debian

Perbedaan Hub dan Router