Pemahaman dan Pengenalan Standard Operthing Prosedure

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat siang, kali ini saya akan berbagi materi tentang SOP (Standard Operathing Procedure).
Image result for pengertian SOP

A. pengertian
    Standar operating prosedure (SOP) adalah serangkaian instruksi kerja tertulis yang terdokumentasi mengenai proses penyelenggaraan administrasi perusahaan,bagaimana dan kapan harus dilakukan ,dimana dan oleh siapa dilakukan.

B. Latar Belakang
      Pada umumnya setiap perusahaan sudah memiliki pedoman atau manual SOP untuk mengendalikan seluruh keputusan dan kegiatan yang dilakukannya dalam koridor yang sistematis dan efektif. Semakin besar organisasi, semakin besar pula tuntutan untuk mempunyai perangkat kontrol yang memadai.

C. Maksud dan Tujuan
    Tujuan pembuatan SOP adalah untuk menjelaskan perincian atau standar yang tetap mengenai aktivitas pekerjaan yang berulang-ulang yang diselenggarakan dalam suatu organisasi yang mampu menjadikan arus kerja yang lebih baik.


D. Pembahasan
1.1 Manfaat dan tujuan SOP

  •  sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan yang menyelesaikan tugasnya.
  • mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas.
  •  membantu pegawai agar lebih mandiri dan tidak bergantung pada intervensi manajemen.
  • agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap posisi dalam organisasi.
1.2  Tujuan Standard Operating Prosedure (SOP)
  1.  Agar petugas/pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerja petugas/pegawai atau tim dalam organisasi atau unit kerja.
  2.  Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap-tiap posisi dalam organisasi.
  3.  Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari petugas/pegawai terkait.
  4.  Melindungi organisasi/unit kerja dan petugas/pegawai dari malpraktek atau kesalahan administrasi lainnya.
  5.  Untuk menghindari kegagalan/kesalahan, keraguan,duplikasi, dan inefisiensi.

1.3  Fungsi Standard Operating Prosedure (SOP)

  1.     Memperlancar tugas petugas/pegawai atau tim/unit kerja.
  2.     Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan.
  3.     Mengetahui dengan jelas hambatan-hambatannya dan mudah dilaca
  4.     Mengarahkan petugas/pegawai untuk sama-sama disiplin dala bekerja.
  5.     Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin.
E. Kesimpulan
Dengan adanya SOP kita jadi berlatih bertanggung jawab dalam mejalankan setiap pekerjaan.
Sekian, semoga bermanfaat. :D

Referensi : http://likank.blogspot.co.id/2016/12/sop-standart-operasional-prosedur.html

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konfigurasi Database Server dengan Mysql di Debian

Pengenalan Cisco Packet Tracer

Perbedaan Hub dan Router