How to Use cmus ( C* Music Player )

Assalamu'alaikum Wr. Wb



pada kesempatan ini admin ingin membagikan sedikit materi tentang "cmus ( C* Music Player )".
 
A. Pengertian
 cmus (C * Music Player) adalah konsol kecil dan cepat untuk pemutar audio pada Unix-seperti sistem operasi. Didistribusikan di bawah ketentuan cmus dari GNU General Public License (GPL) dan beroperasi eksklusif melalui antarmuka pengguna berbasis teks, dibangun dengan ncurses.

B. Latar Belakang
     Pada umumnya kita kalau memutar musik lasung ke aplikasi audio atau sejenisnya. Tapi  dengan adanya aplikasi cmus ini, admin ingin mencoba memutar musik lewat terminal.

C. Maksud & Tujuan
 Ingin mencoba memutar musik lewat terminal

D. Pembahasan Materi

 1.1. Sejarah
 CMUS awalnya di tulis oleh Timo cmus Hirvonen. Pada sekitar bulan Juni 2008 CMUS di hentikan pengembangannya, yang mengakibatkan garpu bernama "cmus-tidak resmi". Setelah setahun pembangunan, permintaan dikirim untuk mengambil alih SourceForge. Hal ini mengakibatkan gabungan dari garpu Kembali Ke proyek pada Februari 2010.

1.2 User Interfaces
    Antarmuka cmus berpusat pada pandangan. Ada dua pandangan tentang perpustakaan musik dan pandangan playlist, antrian bermain Hien, sistem file dan untuk filter / pengaturan. Selalu ada hanya satu tampilan terlihat setiap saat.

    Karena konsol-orientasi dan tujuan dari portabilitas proyek, Khusus cmus dikendalikan melalui keyboard. Perintah longgar model setelah dari vi editor teks. operasi umum meniru berada di perintah modus perilaku, di mana perintah kompleks Ditempatkan dengan mengawali ditambah dengan titik dua (misalnya ": menambahkan / home / user / musik-dir"), sederhana, perintah lebih umum terikat ke tombol individu, Như "j / k" bergerak turun / naik, atau "x" mulai pemutaran, dan pencarian dimulai dengan "/" seperti dalam "/ Beatles".

1.3 Fitur Inti
    Dukungan untuk berbagai format audio, termasuk: Ogg Vorbis , MP3 , FLAC , Musepack , WavPack , WAV , MPEG-4 / AAC , ALAC , WMA , APE , TTA , SHN dan MOD .
    pemutaran gapless
    ReplayGain dukungan
    MP3 dan Ogg streaming ( SHOUTcast / Icecast )
    Powerfull filter perpustakaan musik / live filtering
    antrean putar
    kompilasi penanganan
    warna disesuaikan dan keybindings dinamis
    pencarian gaya Vi dan modus perintah
    Terpencil terkendali melalui program cmus-jauh (soket UNIX atau TCP / IP)
    Diketahui bekerja pada banyak Unix-seperti sistem, termasuk Linux , OS X , FreeBSD , NetBSD , OpenBSD , Cygwin dan OpenWRT.

1.3 Menggunakan cmus dengan alsa
Menggunakan cmus dengan alsa
    Bila menggunakan cmus dengan Advanced Linux Sound Architecture konfigurasi default tidak memungkinkan bermain musik. Apa yang Anda mungkin, khi Thu mulai cmus pertemuan adalah garis kosong dengan tidak ada output apapun terminal. Untuk memperbaikinya, membuat file konfigurasi baru dan menetapkan variabel sau.
  ~ / .config / cmus / rc

  mengatur output_plugin = alsa
 mengatur dsp.alsa.device = bawaan
 mengatur mixer.alsa.device = bawaan
 mengatur mixer.alsa.channel = Guru

1.4 Menambahkan Musik
Tekan 5 untuk beralih ke tab File-browser daripada dapat menambahkan beberapa chung musik. Sekarang, gunakan tombol panah ( up , down ), Enter dan Backspace untuk menavigasi ke mana Anda telah disimpan file audio. Atau, Anda menggunakan binding vim jahit ( k , j ) untuk menavigasi naik dan turun melalui musik của.

Untuk menambahkan musik ke cmus perpustakaan Anda, tombol panah untuk menyorot menggunakan file atau folder, dan tekan a . Ketika Anda menekan a cmus akan memindahkan Anda ke baris berikutnya ke bawah (mengingat ini mudah untuk menambahkan CO banyak file / folder berturut-turut) dan mulai menambahkan file / folder Anda menekan a cetak ke perpustakaan Anda. Ini mungkin memakan sedikit jika Anda menambahkan folder dengan banyak musik di dalamnya. Sebagai file yang ditambahkan, Anda akan melihat kedua kalinya di kanan bawah naik. Ini adalah durasi total dari semua musik di perpustakaan cmus.
Catatan: cmus tidak bergerak, atau Ubah file duplikat. Itu hanya Mengingat di mana Chung dan cache metadata (durasi, artis, dll)
Catatan: Secara otomatis menyimpan pengaturan Cmus của, perpustakaan dan segala khi Anda berhenti.

1.5 Bermain Trek
Tekan 1 untuk pergi ke tampilan perpustakaan sederhana. Gunakan up dan down tombol panah (atau k , j ) untuk memilih artis dan album Anda mendengar muon. Menekan space pada nama artis akan runtuh atau memperluas album itu berisi. Beralih Giua daftar trek dan lihat artis / album dengan menekan Tab dan tekan Enter untuk memutar lagu yang dipilih. Berikut adalah beberapa kunci untuk mengontrol pemutaran:

    Tekan c untuk menghentikan / membatalkan jeda
    Tekan right / left (atau h , l ) tombol panah untuk mencari 10 detik
    Tekan < / > mencari dengan satu menit

1.6 Keybiding
Ada tujuh tab di cmus. Tekan tombol 1 - 7 untuk mengubah tab aktif.
Highlights Perpustakaan (1)
Menampilkan semua trek di perpustakaan So-Called. Trek diurutkan pohon artis / album. Artis penyortiran dilakukan abjad. Album diurutkan berdasarkan tahun.

tab perpustakaan diurutkan (2)
Menampilkan konten yang sama seperti pandangan, tetapi sebagai daftar sederhana berdasarkan kriteria Tu pengguna mà.

tab playlist (3)
Menampilkan playlist diedit dengan penyortiran opsional.

Bermain tab Queue (4)
Menampilkan antrian trek dimainkan mà berikutnya. lagu ini dimainkan adalah sebelum hal lain (yaitu playlist atau perpustakaan).

Browser (5)
Direktori browser. Pada tab ini, musik dapat ditambahkan ke HOAc perpustakaan, playlist atau antrian dari filesystem.

tab filter (6)
Daftar ditetapkan pengguna filter.

tab Settings (7)
mengubah pengaturan.

Konfigurasi
    Untuk mengkonfigurasi dan cmus beralih memulainya dengan menekan tab untuk konfigurasi 7 . Sekarang Anda dapat melihat daftar keybindings default. Pilih field dalam daftar dengan tombol panah dan tekan Enter untuk mengedit nilai. Anda dapat menghapus binding Cung dengan D atau del . Untuk mengedit variabel terikat perintah dan pilihan dalam daftar scroll ke bawah ke bagian yang relevan. Variabel dapat diubah Cung thay diedit dengan space . Mengubah warna Cmus cho phép Hampir setiap elemen antarmuka. Anda dapat awalan warna dengan "cahaya" untuk membuat terang Ve menambahkan beberapa teks dan mengatur atribut untuk elemen.
 
E. Kesimpulan

     Jadi kita juga dapat memutar musik lewat terminal  dengan aplikasi cmus.

F. Referensi : https://en.wikipedia.org/wiki/Cmus

Mngkin hanya ini yang dapat admin sampaikan, apabila terdapat kesalahan mohon maaf. Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian webmin dan Insatallasinya

Konfigurasi Database Server dengan Mysql di Debian

Perbedaan Hub dan Router