Pengertian Owncloud

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Hallo Sobat kembali lagi dengan nurhidayah Blog kali ini saya akan sharing matri tentang "Aplikasi Owncloud".

Image result for owncloud
A. Pengertian

What is owncloud ??
 OwnCloud merupakan suatu perangkat lunak berbagai berkas gratis dan bebas seperti dropbox, yang menyediakan pengamanan yang baik, memiliki tata cara yang baik bagi pengguna yang menggunakan apilkasi untuk membagi dan mengakses data secara lancar terintegrasi dengan perangkat teknologi informasi. Tujuannya mengamankan, melacak, dan melaporkan penggunaan data.
 OwnCloud menempatkan kontrol bagi pengguna informasi teknologi dan menawarkan layanan, pusat dan bagian transmisi yang berfungsi untuk menyediakan solusi sinkronisasi dan berbagi bagi pengguna. OwnCloud memberikan akses terhadap berkas - berkas  secara Universal dengan menggunakaan antarmuka jaringan  atau webDAV.

  B. Latar Belakang
Dengan adnya aplikasi OwnCloud Kita bisa menyimpan data, Shering data kepada orang lain melalaui apalikasi ini.
  C. Maksud dan Tujuan
Agar anda dan saya bisa sama-sama belajar memahapi pengertian OwnCoud
Memahami fitur-fitur yang terdapat pada Owncloud
  D. Pembahasan

Sejarah
Ide mengenai owncloud munculsejak 3 tahun yang lalu, lebih tepatnya pada Januari 2010. Frank Karlitschek menginginkan perangkat lunak  gratis dan bebas yang bisa dijadikan solusi pada permasalahan yang dihadapi kala itu. 
 Karlitschek merasa bahwa dunia membutuhkan sesuatu yang mudah digunakan, aman, fleksibel dalam mengatur berkas, dan tanpa mengalami kemunduran pada tempat penyimpanannya. Dalam perjalanannya ownCloud berhasil membuat berbagai macam rilis dan tersedia dalam 42 jenis bahasa di dunia. Kemudian proyek ini semakin beralih menjadi komersial sebagai usaha pengembangan terhadap pengguna perusahaan.
 Tim Penggembang OwnCloud
  •  Frank Karlitschek
  • Holger Dyroff 
  • Joseph Eckert
  • Matthew Richards
 Fitur - Fitur
* Akses data kapan saja
* Berbagi data dengan mudah
* Sinkronsasi data kapan saja
 Hal baru dari ownCloud
1. Mesin pencari akurat
2. Tatap muka antar pengguna
3. Opsi batal hapus
Fitur lainya yang terdapat pada ownCloud
- Pengaturan Tema
- Kalender
- Migrasi dan pecadangan berkas
- Aplikasi pembuka dokumen
- pengingat Tugas
- Penyimpanan Eksternal
- Galeri
- Pusat Aplikasi
Penigkatan Pada OwnCloud5
Kontak
Verifikasi Berkas
Dokementasi Pengguna
 3 Manfaat Cloud Storage dalam kehidupan sehari - hari
> Kolaborasi : berkolaborasi (bekerja secara bersama-sama) dapat digunakan untuk bertukar ide atau pikiran, sehingga ekerjaan akan lebih efektif dan cepat selesai.

> Beck-up data penting : biasanya kita menyimapan data atau file di pc, komputer, hardisk eksternal, flasdisk, dan perangakat penyimapanan lainya. Terkadang alat penyimanan seperti diatas rentang akan kerusakan. Nah maka dari itu kita dapat memanfaatka Aplikasi owncloud sebagai media penyimpanan.

> Alat  berbagi : dengan owncloud kita dapat sharing berbagai file atau berkas kepada orang lain. dan kelebihan dari own cloud yaitu dengan adanya fungsi auto-synchronize yang tidak dimiliki oleh layanan file sharing sehingga kita tidak perlu repot-repot menggunggah file yang akan disebarkan.
Mungkin hanya ini yan dapat saya sampaikan, mengenai owncloud, jika terdaat kesalahan baik dalam penulisan maupun yang lain mohon maaf. semogaa bermanfaat. :D

Referensi : Wikipedia.org
  http://cloudindonesia.com/3-manfaat-cloud-storage-dalam-kehidupan-sehari-hari/

 https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/f/f6/OwnCloud_logo_and_wordmark.svg/1200px-OwnCloud_logo_and_wordmark.svg.png

Wassalamu'alaikum W. Wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian webmin dan Insatallasinya

Konfigurasi Database Server dengan Mysql di Debian

Perbedaan Hub dan Router