Pengertin Dan Perbedaan HTTP dan HTTPS

Assalamualaikum Wr. Wb



A. Penegrtian


    Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol aplikasi untuk didistribusikan, kolaboratif, dan hypermedia sistem informasi.  HTTP adalah dasar dari komunikasi data untuk World Wide Web.
    Hypertext terstruktur teks yang menggunakan link logis ( hypelink ) antara node yang berisi teks. HTTP adalah protokol untuk bertukar atau hypertext transfer.
   Pengembangan HTTP diprakarsai oleh Time Berners-Lee di CERN pada tahun 1989. pengembangan Standar HTTP dikoordinasi oleh Internet Engineering Task Force (IETF) dan World Wide Web Consortium (W3C), yang berpuncak pada publikasi serangkaian Permintaan komentar (RFC).


B. Latar Belakang
   Untuk mempelajari HTTP dan HTTPS dan penggunaannya. Maka dari itu saya memposting pengertian dan perbedaan dari keduanya.

C. Maksud & Tujuan
  • Agar mengetahui perbedaan antara HTTP dan HTTPS
  • Dapat mengetahi manfaat dari HTTPS

D. Pembahasan Materi

       HTTPS (juga disebut HTTP melalui TLS ,HTTP melalui SSL, dan HTTP Aman) adalah protokol untuk komunikasi yang aman melalui jaringan komputer yang banyak digunakan di Internet . HTTPS terdiri dari komunikasi melalui Hypertext Transfer Protocol (HTTP) dalam koneksi dienkripsi dengan Transport Layer Security, atau pendahulunya, Secure Sockets Layer . Tujuan utama HTTPS adalah otentikasi dari mengunjungi situs dan perlindungan privasi dan integritas dari data yang dipertukarkan.

    Dalam penyebaran populer di internet, HTTPS menyediakan otentikasi website dan terkait web server dengan yang satu berkomunikasi, yang melindungi terhadap serangan man-in-the-middle HTTPS. Selain itu, ia menyediakan dua arah enkripsi komunikasi antara klien dan server, yang melindungi terhadap eavesdropping dan gangguan dengan atau penempaan isi komunikasi

   Fungsi HTTP sebagai permintaan-respon protokol di model komputasi client-server . Sebuah browser web , misalnya, clien dan aplikasi yang berjalan pada komputer. Clien mengajukan HTTP pesan permintaan ke server. Server, yang menyediakan sumber daya seperti file HTML dan konten lainnya, atau melakukan fungsi lainnya atas nama Clien, mengembalikan pesan respon ke clien.

    HTTP dirancang untuk memungkinkan elemen jaringan menengah untuk meningkatkan atau mengaktifkan komunikasi antara clien dan server. Situs lalu lintas tinggi sering mendapat manfaat dari web cache server yang memberikan konten atas nama server hulu untuk meningkatkan waktu respon. Web browser sebelumnya Cache diakses sumber web dan menggunakan kembali mereka bila mungkin untuk mengurangi lalu lintas jaringan. HTTP proxy server di jaringan pribadi batas dapat memfasilitasi komunikasi untuk klien tanpa alamat global routable, dengan menyampaikan pesan dengan server eksternal.

    HTTP adalah sebuah lapisan aplikasi protokol yang dirancang dalam rangka protokol Internet . Definisi mengandaikan yang mendasari dan dapat diandalkan lapisan transport protokol, dan Transmission Control Protocol (TCP) yang biasa digunakan. Namun HTTP dapat disesuaikan dengan menggunakan protokol tidak dapat diandalkan seperti User Datagram Protocol (UDP), misalnya dalam HTTPU dan Simple Service Discovery Protocol (SSDP).Sumber HTTP diidentifikasi dan terletak pada jaringan dengan Uniform Resource Locators (URL), menggunakan Uniform Resource Identifier skema (URI) http dan https. URI dan hyperlink di HTML dokumen membentuk antar-linked hypertext dokumen.

Perbedaan dari HTTP

HTTPS URL dimulai dengan "https: //" dan menggunakan port yang 443 secara default, sedangkan HTTP URL dimulai dengan "http: //" dan menggunakan pelabuhan 80 secara default.

HTTP tidak terenkripsi dan rentan terhadap man-in-the-middle dan menguping serangan, yang dapat membiarkan penyerang mendapatkan akses ke account situs dan informasi sensitif, dan memodifikasi halaman web untuk menyuntikkan malware atau iklan. HTTPS dirancang untuk menahan serangan tersebut dan dianggap aman terhadap mereka (dengan pengecualian tua, versi usang dari SSL).

E. Kesimpulan
     Jadi HTTP dan HTTp itu fungsinya sama, yaitu untuk mengamankan jaringan pada webbrowser, hanya perbedaanya terletak pada letak portnya.

F. Referensi : https://en.wikipedia.org/wiki/HTTPS#Difference_from_HTTP

Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan, apabila dalam penulisan dari awal hingga akhir, admin minta maaf. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian webmin dan Insatallasinya

Konfigurasi Database Server dengan Mysql di Debian

Perbedaan Hub dan Router