Pembentukan Karakter Dalam Kepribadian

Assalamu'alaikum Wr. Wb


A. Pengertian

Pendidikan karakter merupakan bentuk kegiatan manusia yang didalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik bagi generasi selanjutnya. Tujuan pendidikan karakter adalah untuk membentuk penyempurnaan diri individu dan melatih kemampuan diri untuk menuju kearah yang lebih baik.

B. Latar Belakang 

Latar Belakang Pendidikan merupakan suatu system  yang teratur dan mengemban misi yang cukup luas yaitu segala sesuatu yang bertalian dengan perkembangan fisik, kesehatan, keterampilan, pikiran, perasaan, kemauan, sosial sampai kepada masalah kepercayaan atau keimanan. Hal ini menunjukkan bahwa sekolah sebagai suatu lembaga pendidikan formal mempunyai suatu muatan beban yang cukup berat dalam melaksanakan misi pendidikan tersebut.

 

C. Maksud dan Tujuan

Pendidikan karakter pada intinya bertujuan membentuk bangsa yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotong royong, berjiwa patriotik, berkembang dinamis, berorientasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang semuanya dijiwai oleh iman dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa berdasarkan Pancasila.
 
D. pembahasan

~ sejarah
Karakter dalam kontek pendidikan baru muncul pada akhir abad ke18

~Karakter sering diasosiasikan dengan istilah tempramen yanglebih memberikan penekanan pada definisi psikososial yang dihubungan dengan pendidikan dan konteks lingkungan. Sedangkan kalau dilihat dari sudut pandang lebih menekankan pada unsur somatopsikis yang dimiki setiap orang sejak lahir.

  Dengan demikian dapat dikatakan bahwa proses perkembangan karakter pada seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor yang khas yang ada pada  lingkungan (nurture) dimana orang yang bersangkutan tumbuh dan berkembang. Faktor bawaan  dikatakan berada di luar jangkauan masyarakat dan individu untuk mempengaruhinya. Sedangkan faktor lingkungan merupakan faktor yang berada pada jangkauan masyarakat dan individu. 


~Faktor pendidikan karakter

 Faktor lingkungan dalam konteks pendidikan karakter memiliki peran yang sangat peting karena perubahan perilaku peserta didik sebagai hasil dari proses pendidikan karakter sangat ditentunkan oleh faktor lingkungan ini. Dengan kata lain pembentukan dan rekayasa lingkungan yang mencakup diantaranya lingkungan fisik dan budaya sekolah, manajemen sekolah, kurikulum, pendidik, dan metode mengajar. Pembentukan karakter melalui rekasyasa faktor lingkungan dapat dilakukan melalui strategi :
  •  Keteladanan
  • Intervensi 
  • Pembiasaan yang dilakukan secara konsisten 
  • penguatan
Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan, apabila terdapat kesalahan dalam penulisaan mohon maaf.


Referensi : Wikipedia.org
https://pndkarakter.wordpress.com/category/tujuan-dan-fungsi-pendidikan-karakter/


Wassalamu'alakum Wr. Wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian webmin dan Insatallasinya

Konfigurasi Database Server dengan Mysql di Debian

Perbedaan Hub dan Router