Pengertian Switch

Assalamualaikum Wr. Wb






A. Pengertian
Apa itu Switch ?

     switch adalah perangkat jaringan  yang menghubungkan perangkat bersama pada jaringan computer dengan menggunakan paket switching untuk menerima, proses, dan data ke depan untuk perangkat tujuan. Sebuah switch adalah perangkat dalam jaringan komputer yang elektrik dan logis menghubungkan bersama-sama perangkat lain.

B. Latar Belakang
     Seringkali kita mendengar kata Switch, apa sih switch itu? Switch itu alat yang digunakan untuk membangun sebuah jarinag lokal atau pada jaringan computer  dengan menggunakan paket switching untuk menerima, proses, dan data ke depan untuk perangkat tujuan.

C. Maksud & Tujuan
  •  Agar dapat mengenali pernan switch pada jaringan
  •  Agar mengetahui manfaat dan kegunaan switch dalam sebuah jaringan

D. Pembahasan Materi 
1.1 Kegunaan Switch
        Beberapa kabel data terhubung ke switch untuk memungkinkan komunikasi antar perangkat jaringan yang berbeda. Switch mengelola aliran data di jaringan dengan transmisi dan menerima paket jaringan hanya dengan satu atau lebih dari perangkat yang ditujukan. Setiap perangkat jaringan yang terhubung ke switch dapat diidentifikasi dengan alamat jaringan , memungkinkan switch untuk mengatur arus lalu lintas. Ini memaksimalkan keamanan dan efisiensi jaringan.
   
     Ketika hub repeater diganti dengan Ethernet switch, satu besarcollision domain  yang digunakan oleh hub dibagi menjadi lebih kecil, mengurangi atau menghilangkan kemungkinan dan ruang lingkup tabrakan dan, sebagai hasilnya, meningkatkan potensi throunghput. Karena siaran masih diteruskan ke semua perangkat yang terhubung, yang baru dibentuk segmen jaringan terus menjadi domain broadcast.

      Sebuah switch lebih cerdas daripada hub repeater, yang hanya mentransmisikan kembali paket dari setiap pelabuhan hub kecuali port yang paket diterima, tidak dapat membedakan penerima yang berbeda, dan mencapai efisiensi jaringan secara keseluruhan lebih rendah.

1.2 Desain jaringan

      Ethernet switch beroperasi pada lapisan data link (layer 2) dari model OSI untuk membuat terpisah collision domain untuk setiap port switch. Setiap perangkat yang terhubung ke port switch dapat mentransfer data ke salah satu yang lain pada satu waktu, dan transmisi tidak akan mengganggu - dengan keterbatasan itu, di setengah duplex modus, setiap port switch hanya bisa baik menerima dari atau mengirimkan ke terhubung nya perangkat pada waktu tertentu. Dalam full duplex modus, setiap port switch secara bersamaan dapat mengirimkan dan menerima, dengan asumsi perangkat yang terhubung juga mendukung mode full duplex. 
Dalam kasus menggunakan hub repeater , hanya transmisi tunggal bisa berlangsung pada waktu untuk semua port gabungan, sehingga mereka semua akan berbagi bandwidth dan jalankan di setengah duplex . Arbitrase yang diperlukan juga akan mengakibatkan tabrakan, membutuhkan transmisi ulang.

1.3Aplikasi

Switch jaringan memainkan peran integral dalam yang paling modern Ethernet jaringan area lokal  (LAN). SOHO aplikasi biasanya menggunakan saklar tunggal, atau semua tujuan berkumpul perangkat seperti gerbang perumahan untuk mengakses kantor / rumah kecil broadband layanan seperti ADL atauinternet kabel. Dalam kebanyakan kasus, perangkat pengguna akhir berisi router dan komponen yang antarmuka ke teknologi broadband fisik tertentu. Perangkat pengguna juga mungkin termasuk antarmuka telepon untuk  Voice over IP (VoIP) protokol.

1.4 Peranan Switch Dalam Jaringan

   Switch digunakan untuk penggunaan komersial, built-in atau antarmuka modular memungkinkan untuk menghubungkan berbagai jenis jaringan, termasuk Ethernet, Fiber Channel, RapidlO, ATM, ITU_T G.hn dan 802,11. konektivitas ini dapat di salah satu lapisan yang disebutkan. Sementara fungsi lapisan-2 adalah cukup untuk teknologi bandwidth pergeseran dalam satu teknologi, interkoneksi seperti  Ethernet dan token ring dilakukan lebih mudah pada lapisan 3 atau melalui routing.  Perangkat yang interkoneksi pada layer 3 secara tradisional disebut router , sehingga lapisan 3 switch juga dapat dianggap sebagai router relatif primitif dan khusus. 

    Dimana ada kebutuhan untuk banyak analisis kinerja jaringan dan keamanan, switch dapat dihubungkan antara router WAN sebagai tempat untuk modul analitik. Beberapa vendor menyediakan firewall jaringan deteksi intrusi, dan modul analisis kinerja yang dapat ditancapkan ke port switch. Beberapa fungsi ini mungkin pada modul gabungan.
 

E. Kesimpulan
   Jadi kita dapat menghubungan sebuah jaringan computer atau jaringan lokal dengan menggunakan bantuan switch, sebagai alat bantu pembagi sinyal  dari computer ke computer.

F. Referensi : https://en.wikipedia.org/wiki/Network_switch

 Sekian postingan kali ini, apabila terdapat kesalahan dalam penulisan admin minta maaf. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr. Wb 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian webmin dan Insatallasinya

Konfigurasi Database Server dengan Mysql di Debian

Perbedaan Hub dan Router