Pengartian VPN dan manfaatnya

Assalamualaikum Wr .Wb

A. Pengertian
VPN ??

VPN (Virtual Private Network) merupakan suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lain yang secara pribadi melalui  jaringan internet(publik). VPN menggnakan jaringan internet sebagai media peranatara, vpn juga bersifat privat karena tidak semua orang bisa mengakses. Data yang dikirimkan melalui VPN terenkripsi sehingga cukup aman dan rahasianya, meskipun dikirimkannya melalui jaringan internet.

B. Latar Belakang
 Dengan mengetahui dan mempelajari VPN  jadi lebih tahu pengertian ,manfaat, dan kegunaan VPN.

C. Manfaat
Supaya tahu manfaat apa saja yang ada di VPN itu sendiri

D. Pembahasan
VPN (Virtual Private Network) seperti yang telah dijelaskan diatas yaitu suatu koneksi suatu jaringan dengan jaringan lain yang secara pribadi melalui jaringan internet (publik).
Adapun fungsi dan manfaat dari VPN, sebagai berikut:
1. Kerahasiaan(Confidentially)
Dengan adanya metode enskripsi keamanan data akan cukup terjamin dari pencurian data. Walau ada pihak-pihak yang bisa menyadap data-data yang melewati jaringan internet maupun jalur dari VPN sendiri, akan tetapi belum tentu yang menyadap dapat membaca data tersebut sebab data tersebut sebelumnya telah teracak. Maksudnya supaya data yang di transmisikan haya dapat diakses oleh orang yang memang berhak.
2. Keutuhan data (Data Integrity).

VPN mempunyai teknologi yang dapat menjaga keutuhan informasi atau data mulai dari data dikirim sampai tempat yang di tuju. Sehingga data terhindar dari berbagai macam gangguan seperti data hilang, rusak, atau dimanipulasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
3. Autentikasi sumber (Origin Authentication).
PVN mempunyai kemampuan untuk melakukan autentifikasi terhadap sumber pengiriman data yang akan di terima. PVN dapat melakukan pemeriksaan data yang masuk dan mengakses informasi dari sumbernya, lalu alamat dari sumber data tersebut akan di setujui jika proses autentifikasi berhasil, dengan begitu VPN dapat menjamin semua data yang di kirimkan dan juga yang diterima,jadi tidak ada informasi data yang dikirimkan oleh pihak lain dan data yang dipalsukan.

Beberapa manfaat dari VPN diantaranya:
  • Remote Access –   Dengan menggunakan VPN kita bisa mengakses komputer ataupun jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung ke jaringan internet (publik). 
  •  Keamanan dengan menggunakan koneksi VPN kita bisa browsing, searching dengan aman saat mengakses dunia maya atau jaringan internet publik.
  •  Karena transmisi data yang digunakan pada VPN memakai media jaringan internet (publik) yang sebelumnya telah ada tanpa perlu membangun jaringan sendiri.  
Kelebihan dan Kekurangan dari VPN
a. Kelebihannya

  • Dapat dijadikan sebagai solusi biaya yang lebih efektif untuk suatu organisasi.
  • Dapat meningkatkan mobilitas dari suatu organisasi atau bisnis yaitu dengan langsung menghubungkan ke jaringan rumah dengan kantor.
  • Dan dapat menyesuaikan fitur keamanan.
b. Dan kekurangannya seperti di bawah ini:
Karena penyediaan akses ke pegawai secara global, faktor keamanan menjadi suatu resiko, hal tersebut dapat menempatkan informasi yang sensitif dari organisasi ataupun perusahaan dapat diakses secara global, karena dengan menggunakan VPN memerlukan perhatian yang lebih untuk penetapan sistem keamanan yang cukup baik dan jelas.
Sekian dulu, semoga bermanfaat .
Referensi: 
http://www.pengertianku.net/2015/06/pengertian-vpn-dan-fungsinya-serta-manfaatnya.html

Wassalamualaikum Wr. Wb



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian webmin dan Insatallasinya

Konfigurasi Database Server dengan Mysql di Debian

Perbedaan Hub dan Router